Di Padang – Semua Tentang Padang

Informasi Padang, Kuliner Padang, Wisata Padang, Kriminal Padang, Hukum Padang, Adat Padang, Budaya Padang, Pantai Padang, Pendidikan Padang, Kampus Padang,

KURIKULUM 2013 , nilai pramuka c tidak naik kelas

Published on Oct 21 2014 // Di Padang, Pendidikan

Nilai Pramuka C, Siswa tak Naik

Kelas

Kegiatan pramuka pada kurikulum 2013 saat ini menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Tidak main-main, nilai pramuka justru bisa menjadi penentu naik kelas atau tidaknya seorang siswa.

“Ya benar, nilai pramuka siswa minimal harus B. Artinya, bila siswa memperoleh nilai C, maka dia dinyatakan tidak naik kelas,” tegas Ketua MKKS SMP Kota Padang Darmalis didampingi pengurusnya, Suindra kepada Singgalang, kemarin.
Menurutnya, sesuai Permendikbud No.61 tahun 2014 dan Permendikbud No.63 tahun 2014, disampaikan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Artinya, setiap sekolah wajib melaksanakan kegiatan pramuka.
Dengan demikian, perlu pula dilakukan pelatihan guru. Yang mengajar itu, adalah guru yang mempunyai sertifikat keahlian pramuka tentunya.
“Yang jelas, diminta kepada siswa agar benar-benar serius mengikuti kegiatan ekskul pramuka tersebut,” harap Suindra.
Dia mengakui, saat ini, guru yang memiliki sertifikat keahlian di bidang pramuka di Kota Padang, tidaklah banyak sehingga perlu dilatih. Makanya, sebanyak 123 orang mengikuti pelatikan guru SMP swasta dan negeri yang dimulai 12 Oktober lalu.
Yang jelas, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP negeri dan swasta se-Kota Padang melaksanakan pelatihan kepada guru-guru SMP. Pelatihannya dilaksanakan selama empat kali dan ditutup dengan camping (berkemah).
Walikota Padang yang diwakili Asisten II Eyviet Nazmar ketika membuka pelatihan tersebut baru-baru ini mengatakan, pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia.
Pendidikan dan pembinaan pramuka menjadi tugas dan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Dalam hal ini, Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan memandang pendidikan kepramukaan menjadi upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka.
Makanya, keberadaan tenaga pendidikan kepramukaan merupakan sosok strategis dalam mewujudkan usaha pembentukan anak-anak bangsa yang berkarakter, tangguh dan berketerampilan. Itu sejalan dengan visi misi pramuka mengantarkan kaum muda Indonesia ke arah yang lebih baik.
Usaha pengadaan tenaga pendidikan pramuka telah dirintis melalui kerjasama antara Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada tahun 1982.
Substansi kerjasama tersebut bagaimana melahirkan tenaga pendidik pramuka (pembina pramuka) yang handal. (103)

1 Comment

  1. ory dwiputra says:

    Menurut saya pribadi yg nama nya kurikulu 2013 agak memberatkan para siswa iya kan? Di tunggu kunbal nya ea

Leave a comment